Digital Marketing

Meski pun saat ini sudah banyak platform yang terus mengembangkan produk yang dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kinerja l iklan dan user journey, tetapi tetap masih ada celah yang perlu diisi. Tidak mudah memang namun hambatan tersebut hendaknya menjadi peluang usaha bagi pemasar internasional yang cakap, cerdas dan memiliki ‘feeling’ bisnis yang memadai dalam komunikasi bisnis yang efektif. Pesan iklan ditargetkan untuk mereka yang paling mungkin membeli produk atau jasa Anda. Media sosial dapat menjadi alat branding yang sulit bagi bisnis kecil, dan tidaklah mudah membangun awareness.

Input data, bukan sebagai hasil langsung dari entri data tetapi sebagai hasil dari melakukan aktivitas yang berbeda tetapi terkait. Memberikan kekuatan untuk melacak bagaimana prospek individu dan pelanggan datang ke situs web Anda, halaman apa yang mereka kunjungi, berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk setiap halaman dan halaman mana yang paling efektif. Twitter adalah layanan berita dan jejaring sosial online tempat pengguna memposting dan berinteraksi dengan pesan, yang disebut “tweets.” Wawasan sosial membuat Anda tahu lebih banyak tentang pengikut media sosial Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan pemasaran Anda untuk sukses. Hosting web yang ramah SEO adalah tentang membangun situs web Anda dengan cara yang ramah untuk mesin pencari.

Cara yang paling sering digunakan adalah melihat data kuantitatif hasil survey dari badan research dalam hal ini data Nielsen. Data media consumption habit adalah salah satunya, menggambarkan media mana yang paling banyak pengkonsumsinya, tetapi data ini terlalu umum dan selalu sama hasilnya. Hal lain yaitu melihat pola kompetisi, efisiensi, pendekatan kreatif, budget yang tersedia yang tentunya semua ini dihubungkan dengan tujuan beriklan.

Kebanyakan uang dibelanjakan dari perusahaan iklan untuk melakukan uji coba pendahuluan terhadap iklan-iklan yang ada, dan jauh lebih sedikit dari yang dikerjakan untuk melakukan pasca evaluasi mengenai dampak iklannya. Banyak perusahaan mengembangkan kampanye iklan memasukannya ke pasar bertaraf nasional, dan kemudian mengevaluasi kekreatifannya. Yang lebih baik ialah memasukan kampanye iklan itu ke satu atau beberapa kota terlebih dahulu, dan kemudian mengevaluasi dampaknya sebeum iklan itu dilancarkan diseluruh negeri dengan anggaran besar-besaran. Sebuah perusahaan pernah menguji coba kampanye iklannya terlebih dahulu di Phoenix. Kampanye iklan ini ternyata gagal total sehingga perusahaan tadi menyelamatkan semua uang yang telah dianggarkan sebagai biaya melancarkan iklan itu pada tingkat nasional. Sebuah iklan agar dapat menjangkau semua lapisan masyarakat membutuhkan media sebagai sarana yang tepat untuk menyebarkan informasi secara efektif agar iklan mencapai taget sasarannya.

Perusahaan biasanya akan menambahkan aspek kreatif untuk meningkatkan efektivitas pesan dalam mencapai tujuan iklan. Perusahaan tidak memiliki kendali atas paparan atau persepsi audiens. Selain itu, audiens juga tidak harus memperhatikan atau menanggapi iklan. Mereka juga berusaha menarik emosi konsumen, mendorong permintaan dan menghasilkan pembelian. Dengan pengguna yang besar, media sosial pun dapat menjadi lahan basah marketing.